Ulang Tahun Jakarta.
Ulang Tahun Jakarta.

Arquivinho.com, Di ulang tahun Jakarta tahun ini ada beragam hal menarik yang dapat kamu lakukan di kota Jakarta, selain itu gubernur baru juga ikut merayakan hari ulang tahun Jakarta ini. Namun di momen hari ulang tahun Jakarta ini kita akan merekomendasikan kamu agar menyicipi kuliner asli Betawi, sehingga kamu akan merasakan atmosfer ulang tahun Jakarta lebih baik.

Mungkin ada beberapa makanan khas Betawi yang cukup terkenal, namun kali ini kita akan merekomendasikan beberapa makanan khas Betawi yang sangat cocok jika di santap ketika momen hari ulang tahun Jakarta.

Ulang Tahun Jakarta.
Ulang Tahun Jakarta.

Kerak Telor

Kamu pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini, Kerak telor memang sangat lekat sebagai ikon kuliner Jakarta. Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, dan bawang goreng.

Ulang Tahun Jakarta.
Ulang Tahun Jakarta.

Semakin lengkap, kerak telor dibumbui dengan campuran kelapa sangrai, cabe merah. Dinamakan kerak telor karena makanan ini biasanya dimasak dengan wajan kecil tanpa menggunakan minyak dan hasil akhirnya nampak seperti kerak nasi.

Asinan Betawi

Di siang hari yang terik, paling pas menikmati asinan Betawi yang segar dan pedas. Asinan betawi terbuat dari campuran sayur seperti sawi, tauge, selada, kembang kol, dan dilengkapi kacang tanah goreng serta tahu putih.

Berbeda dengan asinan Bogor yang terbuat dari campuran buah, campuran sayur, kacang, dan tahu tersebut kemudian disiram menggunakan kuah yang terbuat dari gula merah, cabai, cuka, dan ebi. Untuk penyajiannya, asinan Betawi biasa ditemani dengan kerupuk mie berwarna kuning.

Gabus Pucung

Selain kerak telor, makanan yang juga menjadi ikon kuliner Jakarta terutama masyarakat Betawi adalah gabus pucung. Gabus pucung dibuat dengan menggunakan ikan gabus dan buah pucung yang banyak tumbuh di Jakarta terutama tempo dulu.

Sayangnya, kuliner ini sekarang sudah mulai langka dan hanya sedikit orang yang menjual atau membuatnya. Sulitnya menemukan buah pucung menjadi satu alasan kenapa gabus pucung mulai jarang ditemui, namun biasanya di hari ulang tahun Jakarta ada beberapa stan yang menjual Gabus Pucung ini di beberapa tempat.

Semur Jengkol

Kuliner yang satu ini cukup terkenal dan jadi favorit banyak orang, makanan fenomenal ini memang sangat special. Walaupun jengkol bisa menimbulkan aroma tak sedap, tapi antusiasme masyarakat akan masakan yang terinspirasi beragam budaya ini tetap tinggi.

Banyak orang yang tidak menyukai jengkol padahal belum mencobanya, ketika sudah mencoba rasa dari jengkol ini melebihi rasa enak dari rasa daging sapi. Bahkan beberapa artis cantik dan turisluar sangat menyukai jengkol, jadi meskipun memiliki aroma yang kuat jengkol sangat enak jika dimasak dengan tepat.

Soto Betawi

Soto adalah salah satu hidangan nasional Indonesia, karena tiap daerah pasti punya soto khas masing-masing termasuk Jakarta. Soto Betawi adalah jenis soto kuah bersantan, namun yang menjadikan soto ini unik adalah isiannya lebih banyak menggunakan jerohan sapi atau kambing. Rasanya yang gurih akan menjadi lebih mantap dan segar saat diberi perasan jeruk nipis dan irisan tomat, sehingga kamu akan merasakan soto yang sangat special dan beda dari beberapa soto lainya.

Ketoprak

Ketoprak memang memiliki beberapa versi di beberapa daerah, namun di hari ulang tahun Jakarta ini menikmati ketoprak dapat menambah keseruan di momen yang sangat berharga bagi warga Jakarta. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Betawi ini bersama saudara dan orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here