kosmetika halal

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim paling besar di dunia, warga Indonesia sudah peduli mengenai produk halal. Tidak hanya produk makanan, namun juga kosmetik. Kosmetik dan wanita menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut disebabkan setiap wanita Muslimah selalu ingin tampil cantik. Produk kosmetik yang ada di Indonesia sudah semakin beragam. Produk kecantikan dari Amerika, Eropa, hingga Korea dengan mudah menjadi perhatian para wanita Indonesia. Tetapi tidak banyak dari mereka yang dengan terang-terangan menyebutkan bahan yang ada di dalamnya itu aman atau tidak.

Kulit adalah bagian paling luar dari tubuh yang rusak atau tidaknya sangat terlihat. Tetapi banyak wanita Muslimah yang salah dengan anti dengan penggunaan kosmetik. Hal ini bisa menjadi kekhawatiran yang berlebihan. Padahal, kosmetik tidak cuma soal bagaimana merias yang berlebihan tetapi juga mengenai bagaimana merawat tubuh yang adalah amanah Tuhan atau untuk membuat hati suami senang yang pastinya bernilai pahala. Merias diri juga sebenarnya tidak masalah untuk perempuan Muslimah, asal tidak tampak menyolok atau berlebihan. Muslimah yang bersolek diri pasti memiliki tujuan untuk memberi kesan untuk setiap orang yang melihatnya bahwa ia memiliki penampilan yang baik.

Menggunakan Kosemtik Halal Terbaik

tips cara memilih kosmetik halal

Biarpun hanya digunakan pada permukaan kulit, tetapi sebagian kosmetik dapat terserap ke aliran darah. Semua segala sesuatu yang masuk ke aliran darah tubuh wajib halal. Baik untuk hal cara mendapatkannya dan zatnya juga halal. Masih banyak bahan kosmetik yang harus dicermati kandungannya. Bila Anda melihat lebih dalam, ternyata ada bermacam-macam zat yang tidak jelas halal atau tidak, yang jadi bahan baku produk kecantikan yang Anda pakai sehari-hari. Selain bahan baku yang dipakai, peralatan, proses quality control, produsen yang terlibat dalam menyusun produk juga memiliki pengaruh terhadap status halal dan kualitas dari kosmetik.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tingkat kesadaran tentang produk kosmetik halal memang masih rendah. Adanya produk kosmetik yang halal juga masih rendah disebabkan akses bahan baku masih terbatas, juga belum berstandar halal. Semua kosmetik halal itu wajib mendapat sertifikasi dari MUI untuk status halal. Mulai dari proses produksi, bahan, sampai kemasan. Oleh sebab itu, bagi produk kecantikan entah itu bedak atau lipstik, semestinya telah memiliki label halal. Walaupun misalnya Anda tidak menemukannya pada produk, Anda bisa bertanya pada produsen tentang sertifikat halal ini. Anda juga bisa mengeceknya ke MUI.

Seperti yang telah ditegaskan oleh LPPOM MUI, halal atau tidaknya produk dimulai melalui bahan yang dipakai. Sebaiknya, bahan bedak, lipstik atau produk kecantikan yang dipakai itu memakai bahan yang halal. MUI juga mengeluarkan daftar zat yang haram atau berbahaya bagi kulit. Jika dapat memilih produk kosmetik yang Anda ketahui pasti bagaimana cara produksinya. Anda dapat mendapatkan informasi dari website resminya. Jangan sampai Anda beli produk yang melalui proses produksi yang tidak halal. Contohnya produk dari luar negeri sekalipun telah memiliki label halal dari badan di negara asal, karena diimpor ke Indonesia dengan cara ilegal, dapat menjadi haram. Saat ini sudah banyak brand kosmetik halal yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah Wardah. Kosemtik Wardah menjamin bahwa semua produknya adalah kosemtik halal yang resmi memiliki sertifikat MUI.

Cara Memilih Kosmetik Halal

Menjadi cantik, tidak berarti Anda harus beli kosmetik mahal. Pada dasarnya, kosmetik merupakan penunjang penampilan. Namun yang paling penting, Anda harus memastikan kulit juga tubuh Anda sehat, supaya kosmetik yang dipakai dapat menjadi penopang penampilan. Kosmetik Halal yang dimaksudkan di sini memakai aneka bahan yang bukan saja aman namun juga tidak menyiksa mahkluk hidup lain contohnya tumbuhan, hewan juga peduli terhadap alam. Di samping itu yang utama juga tidak membuat ibadah terganggu dalam rutinitas setiap hari. Tampil segar untuk membuat kepercayaan diri kembali supaya dapat lebih produktif.

  • Cermati Kandungan di Dalamnya

Walaupun pada prinsipnya produk produk perawatan dan produk make up memiliki sifat berbeda dengan makanan, tidak secara langsung masuk ke dalam tubuh, tetapi kandungan yang tidak baik untuk tubuh pastinya juga tidak bagus untuk wajah. Apalagi untuk produk yang langsung bekerja di bagian kulit dan masuk dalam aliran darah. Jika produk tersebut memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya, maka berbagai bahan tersebut bisa terserap dalam tubuh.

  • Kosmetik Memiliki Kode BPOM Resmi

Kosmetik yang halal dan aman pasti saja mempunyai izin lembaga yang menangani legalitasnya, yakni BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Depkes RI. Bila sebuah produk tidak mempunyai kode legal, pastinya bukan kosmetik yang aman sebab bisa dikatakan illegal dan cermati kode kosmetik yang Anda pakai terdaftar di situs BPOM resmi.

  • Cermati Tanggal Kadaluarsa

Hal penting lain adalah, cermat mengenai tanggal kadaluarsa yang ada di produk kosmetik. Hal ini untuk memastikan bahwa usia produk pasti bisa memiliki pengaruh untuk tingkat kualitasnya.

  • Pilih Produsen Kosmetik Terdaftar

Tidak sedikit produk kosmetik abal-abal yang tidak halal menuliskan label halal tetapi ternyata masih saja memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya, misalnya bahan hidroquinon dan merkuri. Kosmetik dengan kandungan bahan kimia itu memang tidak jarang memberikan hasil maksimal, biasanya adalah kulit terlihat lebih putih dalam waktu yang terbilang singkat.  Tetapi Anda harus waspada, sebab bila digunakan secara terus menerus, kosmetik itu bisa memiliki dampak buruk di hari kemudian.

  • Utamakan Kosmetik yang Memiliki Label Halal

Label halal di dalam kemasan produk kosmetik kecantikan, pastinya berasal dari sertifikasi halal Lembaga sertifikasi Halal di Indonesia atau LPPOM MUI. Hal ini membuktikan bahwa produk itu sudah teruji oleh lembaga untuk tahu mengenai kandungan yang ada di dalam produk tersebut, yang paling penting Anda harus pastikan ada label halal di kemasan kosmetik yang ingin Anda beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here