BerandaKesehatanPenyakit yang Patut Diwaspadai Akibat Stress dari SehatQ.com

Penyakit yang Patut Diwaspadai Akibat Stress dari SehatQ.com

Waspada bagi kamu yang merasa stress dengan berbagai aktivitas atau masalah. Penyakit bisa datang bukan hanya karena salah makan, kurang tidur dan semacamnya, tapi juga bisa dipicu akibat stres. Mungkin saat seseorang dalam kondisi tersebut sebenarnya tidak hanya menimbulkan dampak negatif tapi juga positif, yaitu memicu seseorang untuk termotivasi menjalani hidup.

Namun sayangnya stres kadang kala membuat orang terpuruk dan mengganggu kesehatan baik mental maupun fisik. Banyak penyakit yang timbul akibat kondisi distress tersebut. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. lalu apa saja penyakit yang bisa timbul saat sesorang merasa distress?

Berikut penyakit yang datang akibat kondisi stress:

1. Sakit Kepala

Tahukah kamu bahwa rasa sakit pada kepala ini sangat umum terjadi pada kondisi tersebut. Itu disebabkan tegangnya otot dan juga syaraf yang kemudian menjadi tegang dan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit itu juga akan menjalar sampai ke bagia leher, dan bahu. Tak jarang kondisi ini juga menimbulkan migraine (sakit kepala sebelah).

2. Flu

Sakit yang diketahui akibat virus ini juga bisa terjadi saat kondisi pikiranmu tidaklah baik-baik saja. Kondisi tersebut pasalnya dapat menurunkan imunitas tubuh. Hormon kortisol melonjak tajam dan melemahkan respon imun tubuh yang kemudian lemah dan rentan dengan paparan virus, salah satunya flu.

3. Kelelahan

Orang yang tidak baik-baik saja dalam pikirannya juga akan mengalami kondisi kelelahan kronis. Mereka akan merasa gejala-gejala seperti rasa kantuk terus menerus yang tak hilang meski sudah istirahat cukup. Meski hal ini belum diperkuat oleh penelitian yang kuat, namun kondisi stres memang dipercaya sebagai pemicunya. Adapun jika kalian merasa terus kelelahan padahal tidak beraktivitas berat dan terus menerus berulang.

4. Gangguan Tidur

Kondisi kesulitan tidur atau insomnia juga kerap dirasakan saat merasa banyak pikiran dan masalah. Otak yang dipenuhi masalah biasanya akan otomatis terus berpikir dan tidak bisa diajak beristirahat. Namun jangan biarkan kondisi ini terjadi berlarut-larut karena mampu menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih fatal nantinya.

5. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi dimana seseorang memiliki bobot tubuh diatas normal menurut ahli kesehatan. Hormon kortisol yang timbul saat meras stress kemudian memicu rasa nafsu makan pada makanan-makanan berlemak. Yang kemudian tubuh akan menyimpan banyak lemak ditubuh dan menyebabkan obesitas.

6. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seringkali timbul akibat kondisi pikiran yang tidak baik. Itu karena lambung dan usus memiliki saraf yang terhubung langsung pada otak. Itulah mengapa tak jarang orang yang stress akan mengalami masalah gangguan pencernaan seperti maag, GERD hingga iritasi usus.

7. Diabetes

Diabetes juga merupakan sakit yang bisa ditimbulkan karena kondisi pikiran terganggu. Pola makan yang berubah berantakan menjadi buruk dan kondisi pancreas yang tidak berfungsi dengan baik mensekresikan hormon insulin maka akan menyebabkan kondisi diabetes.

8. Jantung

Sakit jantung juga bisa disebabkan karena detak jantung yang tak beraturan akibat pikiran yang bermasalah. Sehingga aliran darah tidak mengalir dengan semestinya. Kondisi lain juga disebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang berakhir pada stroke atau serangan jantung.

9. Alzheimer

Tidak hanya faktor usia, saat mengalami distress orang juga berisiko mengalami Alzheimer. Kondisi tak baik terus menerus pada pikiran akan menyebabkan kerusakan pada hipokampus yang merupakan bagian otak besar dengan fungsi penyimpan memori.

10. Depresi

Ini kondisi parah lainnya yang juga mungkin akan terjadi. Ini mungkin masuk dalam golongan penyakit psikis atau jiwa. Di kondisi ini seseorang cenderung akan berperilaku agresif dan berisiko. Tak jarang kondisi depresi juga membuat perilaku tak terkendali.

Itulah 10 kondisi penyakit yang sangat mungkin terjadi jika orang mengalami stress. Mulai dari kondisi kesehatan ringan yang sangat mungkin terjadi, sampai kondisi sakit berat yang berbahaya. Waspadai hal itu jika terjadi kepadamu. Jangan biarkan kondisi itu membuat hidupmu semakin memburuk. Kita harus bisa mengontrol stress agar tidak menyebabkan penyakit tak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Google search engine